Visi dan Misi Desa

VISI

 

            Guna mewujudkan progam pembangunan yang berkelanjutan. Desa Batulicin Irigasi menetapkan Visi dan Misi desa, yaitu :

             Visi mengandung arti bahwa dimasa yang akan datang Desa Batulicin Irigasi dapat lebih maju, baik dibidang Sumber Daya Manusia maupun penigkatan ekonomi yang langsung menyentuh rakyat, kebersamaan serta perbaikan sarana dan prasarana.

             Sumber Daya Manusia. Guna meningkatkan pengetahuan, masyarakat perlu adanya pelatihan-pelatihan ketrampilan sehingga dapat menambah wawasan untuk memajukan desa.

             Perekonomian Rakyat. Kesejahteraan rakyat merupakan hal yang utama untuk diperhatikan, perlu adanya pendekatan, pembinaan, kemitraan dengan pihak ketiga sehingga dapat meningkatkanusaha ekonomi yang produktif.

             Kebersamaan. Desa terbentuk karena adanya warga/penduduk. Warga dan aparatur harus memiliki rasa memiliki desa yang didiami, yang menjadi tempat tinggal. Dengan dasar rasa memiliki tersebut diharapkan timbulnyarasa kebersamaan terhadap seluruh aspek. Warga tanpa aparatur desa, ibarat “Mobil..ada penumpang tanpa supir”, dan adanya desa yang memiliki segudang progam tanpa didukung oleh warga tidak akan dapat berjalan. Shingga lancarnya suatu pembangunan atas dasar dukungan oleh masyarakat itu sendiri.

             Sarana dan Prasarana. Memiliki arti yang luas antara lain sarana jalan yang baik, listrik adalah sarana penerangan segala jenis kegiatan, air sangat perlu karena kehidupan kita selalu memerlukan air. Sarana dan Prasarana sangat komplek karena menyangkut berbagai fasilitas, baik sarana Pemerintah maupun sarana masyarakat yang mendukung untuk kemajuan desa Batulicin Irigasi.

 MISI

             Menciptakan desa yang Multipotensi menuju masyarakat Mandiri. Yang bertujuan untuk mengoptimalkan Pemerintah Desa dalam mewujudkan produk pelayanan, sehingga dapat mengikuti irama perubahan jaman. Sebagai penjabaran visi, pernyataan misi mencerminkan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk pencapaian Visi tersebut. Dengan adanya misi maka akan dapat dijelaskan mengapa dan apa maknanya dimasa yang akan datang.

 Adapun MISI Desa Batulicin Irigasi 2010-2015 adalah sebagai berikut :

 1. Mewujudkan kesejahteraan dengan prioritas mencerdaskan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang didasarkan kepada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yanga Maha Esa.

 2. Mewujudkan demokratisasi dan partisipatif dalam segala aspek kehidupan, meghormati hak asasi manusia, menjamin tegaknya hak asasi manusia dan supremasi hukum.

 3. Mewujudkan peningkatan produksi, produktivitas, dan nilai tambah hasil-hasil potensi desa yang mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi tenaga pengangguran.

 4. Peningkatan dan penyempurnaan Sistem Administrasi Pemerintah Desa dan melakukan pembenahan sistem pembatas wilayah dan pembuatan rencana tata ruang dan wilayah yang belum memenuhi penertiban/penetapan batas wilayah dan tata ruang desa secara jelas dan pasti.

 5. Menungkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dalam rangka pembangunan perekonomian rakyat dan menggali potensi yang dilaksanakan secara profesional dalam bentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

 6. Menugkatkan fungsi pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan peningkatan kemampuan aparat pemerintah desa menuju pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab, dan adil, dengan terintregasi dalam kesatuan masyarakat yang menghormati kaidah hidup bersama.

 7. Meningkatkan kesadaran yang tinggi pada seluruh lapisan masyarakat terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup guna terjaminnya pembangungan yang berkelanjut.